Sabtu, 03 Juli 2021

Apa Saja Syarat Vaksin Covid 19? Cek di Sini!

Syarat Vaksin


Saat ini, dunia sedang berjuang untuk melawan dan bertahan dari pandemi covid 19. Di Indonesia, virus ini sudah bertahan hampir 1,5 tahun dan masih merenggut banyak nyawa. Berbagai cara telah dilakukan, salah satunya dengan pengadaan vaksin. Bagi anda yang ingin melakukan vaksin, sebaiknya kenali terlebih dahulu syarat vaksin covid 19. Yuk cek di sini!


Kegunaan Vaksin Covid 19

Vaksin merupakan sebuah zat yang merangsang pembentukan sel-sel kekebalan tubuh atau  antibodi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vaksin covid 19 berfungsi untuk merangsang terbentuknya antibodi yang harapannya mampu mengenali virus covid 19 jika benar-benar terpapar. Dengan begitu, antibodi yang terbentuk dapat melawan virus secara efektif.

Hal penting yang harus anda pahami adalah vaksin tidak menjamin 100 persen anda akan terhindar dari paparan virus covid 19. Namun, tubuh yang sudah divaksin memiliki kekebalan yang lebih baik daripada yang belum dan gejala yang dialami tidak separah orang yang belum pernah divaksin. Hal ini berdasarkan penelitian ilmiah dan fakta yang ada di lapangan.

Di dalam artikel kesehatan sehatQ.com juga dijelaskan bahwa vaksin covid 19 ini merupakan cara tambahan yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengendalian pandemi. Untuk itu, penting bagi anda memahami syarat untuk vaksin covid 19 sebagai langkah pengendalian covid agar segera menurun dan kehidupan kembali berjalan dengan normal.


Pilihan Vaksin Covid 19 di Indonesia

Hingga saat ini, terdapat tiga pilihan jenis vaksin covid 19 yang ada di Indonesia, yaitu sinovac, astra zeneca, dan sinopharm. Masing-masing vaksin ini memiliki kandungan yang berbeda, tapi dengan fungsi yang sama, yaitu merangsang terbentuknya antibodi di dalam tubuh.

Pada beberapa kasus, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh juga dapat memberikan efek samping. Efek samping yang dirasakan setiap orang tentu berbeda-beda dan dipengaruhi oleh riwayat kesehatannya. Oleh sebab itu, anda akan diperiksa terlebih dahulu sebelum disuntikkan vaksin.


Syarat Untuk Vaksin Covid 19

Merujuk dari artikel kesehatan sehatQ.com, syarat yang harus anda penuhi untuk vaksin covid 19 yaitu tidak mengalami demam tinggi di atas 37.5 derajat celcius pada saat pemeriksaan. Tekanan darah juga harus di bawah 180/110 mmHg, tidak memiliki riwayat alergi berat setelah melakukan vaksin, dan tidak memiliki penyakit autoimun, seperti asma dan lupus.

Vaksin covid 19 juga tidak diperkenankan untuk penderita penyakit jantung berat yang sedang sesak, ibu hamil, orang yang sedang menjalani pengobatan karena pembekuan darah atau kelainan sistem imun, dan orang yang sedang menerima pengobatan kortikosteroid atau kemoterapi.


Bagaimana Cara Memperoleh Vaksin?

Untuk melakukan vaksin covid 19, anda bisa datang ke puskesmas atau rumah sakit yang melayani vaksin covid 19. Saat ini pemberian vaksin kepada masyarakat sedang digencarkan oleh pemerintah supaya semakin banyak orang yang lebih kebal dalam melawan virus ini. Saat ini juga banyak rumah sakit yang membuka pelayanan vaksin covid 19.

Ada pelayanan yang berbayar dan ada pula yang gratis. Selain memahami syarat vaksin covid 19 di atas, hal yang tidak kalah penting dan harus anda perhatikan adalah tetap menerapkan 3M. Jangan sampai ketika antre vaksin justru menjadi cluster baru penyebaran covid 19.


Melakukan vaksin covid 19 adalah langkah yang tepat untuk mempercepat penanganan virus covid 19. Namun, anda juga tetap harus menjaga kesehatan dengan melakukan gaya hidup yang sehat dan tetap mematuhi 3M agar penyebaran virus covid 19 bisa lebih terkendali.

0 komentar:

Posting Komentar