Rabu, 10 Juni 2020

Kenalkan Makanan Sejak Dini, Berikut 7 Menu Mpasi 6 Bulan


Kenalkan Makanan Sejak Dini, Berikut 7 Menu Mpasi 6 Bulan

Sejak lahir, sebaiknya si kecil diberi asupan ASI hingga usianya menginjak 24 bulan agar segala nutrisinya tercukupi dengan baik. Saat si kecil memasuki usia 6 bulan menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan makanan padat kepadanya. Hal ini bertujuan melatih sistem pencernaan dan membuatnya terbiasa dengan makanan tambahan yang beragam bahan, rasa, dan tekstur. Menu mpasi 6 bulan terdiri atas beberapa inspirasi resep, yuk simak di sini!

Inspirasi Menu Makanan Pendamping ASI

1. Apel Stew dan Cinnamon
Menu satu ini sangat mudah membuatnya, cukup siapkan buah apel, air, dan bubuk kayu manis secukupnya. Pertama kupas apel yang sudah matang, lalu potong berbentuk dadu dan kukus selama sekitar 10 menit. Setelah itu, haluskan apel yang telah dikukus dan saringlah dengan alat penyaring yang berukuran kecil. Tahap akhir, masukkan apel yang telah disaring ke dalam wadah dan tambahkan bubuk kayu manis secukupnya. Aduk hingga rata dan siap disantap.

2. Puree Pisang dan Alpukat
Puree ini dapat diberikan sebagai makanan selingan atau camilan si kecil. Anda cukup menyiapkan satu buah pisang, setengah alpukat, dan susu secukupnya. Cuci pisang dan alpukat hingga bersih, lalu kupas keduanya. Keruk buah alpukat, lalu blender masing masing buah dalam waktu yang berbeda. Setelah keduanya halus, campurkan jadi satu dan tambahkan susu formula secukupnya. Lalu aduk hingga rata dan puree pun siap disajikan serta disantap.

3. Puree Jagung Manis dan Bayam
Satu buah jagung manis dan 15 lembar daun bayam sebagai bahan utama menu mpasi 6 bulan kali ini. Cuci jagung manis dan bayam hingga bersih. Rebus jagung manis hingga empuk dan tercium aroma khasnya lalu serut hingga halus. Rebus bayam dengan api kecil selama 10 menit. Campur bayam dan jagung yang sudah diserut dengan 5 sdm air, lalu blender hingga halus. Tahap akhir cukup saring hingga tidak ada serat kasarnya dan siap disajikan.

4. Puree Nasi Kentang dan Wortel
Bahan yang dibutuhkan cukup 5 sdm nasi putih, 1 batang seledri, 1 buah kentang, susu formula secukupnya, dan 1 buah wortel. Masak nasi hingga menjadi bubur dan tambahkan seledri, lalu cuci bersih kedua bahan lainnya dan rebus hingga matang. Setelah itu, saring bubur, kentang, dan wortel agar tidak ada ampas yang sulit ditelan. Campurkan ketiganya dan tambahkan susu formula secukupnya. Aduk hingga rata dan puree pun siap disantap.

5. Nasi Tim Ikan Dori
Siapkan ikan dori, beras putih, 3 iris bawang bombai, jahe, seledri, dan air secukupnya. Rebus air dan masak beras putih hingga setengah lembek. Setelah itu, masukkan ikan dori, bawang bombai yang sudah dicincang, dan jahe secukupnya yang berfungsi menghilangkan amis ikan. Aduk hingga semuanya tercampur rata, menu mpasi 6 bulan ini pun dapat ditambahkan seledri. Setelah itu, aduk hingga kekentalan bubur sesuai dengan selera, lalu saring dan siap disajikan. 

6. Puree Kentang, Daging, Wortel, dan Tomat
Bahan yang harus anda siapkan, yaitu kentang, daging sapi cincang, wortel, tomat, bawang putih, bawang bombai, dan daun bawang. Rebus bawang putih, bombai, dan daun bawang yang sudah digeprek. Lalu masukkan daging sapi cincang dan rebus selama 30 menit serta kukus sayuran di tempat lain selama 20 menit. Blender daging sapi dan wortel, serta kentang dan wortel. Lalu saring hingga terpisah pureenya dan campur semua bahan serta aduk hingga rata.

7. Puree Salmon dan Oat
Bahan bahannya cukup oat, ikan salmon segar, bawang putih, perasan air jeruk, dan seledri. Pertama lumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit. Lalu kukus ikan salmon dengan bawang putih yang sudah digeprek dan seledri selama 30 menit. Sembari menunggu ikan salmon matang, masak oat di tempat lain. Lalu campurkan salmon dan oat di dalam wadah, kemudian blender hingga lembut. Saring dan makanan siap disajikan.

Memberikan makanan pendamping ASI memang harus bervariasi dan memperhatikan asupan gizi sesuai anjuran artikel di merries.co.id. Oleh karena itu, banyak mencari inspirasi untuk membuat menu mpasi 6 bulan agar si kecil tidak bosan. Selain itu, anda juga harus mencampur berbagai tekstur bahan agar melatih sistem pencernaannya. Mengenalkan makanan sejak dini memang sangat penting agar terlatih makan makanan tambahan.

1 komentar:

  1. situs Ngobrolgame merupakan situs populer sehingga menjadi portal berita game tercepat dan terpercaya, mengulas info menarik tentang berbagai jenis game PC dan Android. mereka juga membahas lengkap seputar perkembangan teknologi terbaru. NgobrolGame

    BalasHapus