Minggu, 16 Februari 2020

Yuk Simak Hal Apa Saja Yang Membuat Klaim Asuransi Prudential Ditolak


Yuk Simak Hal Apa Saja Yang Membuat Klaim Asuransi Prudential Ditolak

Salah satu proses penting dalam sebuah asuransi adalah klaim. Karena dalam tahap ini kamu bisa merasakan manfaat yang diberikan. Maka dari itu klaim asuransi adalah tahap penting yang harus didapatkan oleh semua nasabah. Sudah banyak perusahaan yang sudah meberikan cara klaim asuransi prudential dengan jelas. Tetapi kenapa masih ada saja nasabah yang ditolak saat mengajukan klaim? Berikut beberapa alasan yang sudah dirangkum buat kamu.

Kondisi yang menyebabkan Klaim Asuransi Ditolak Oleh Perusahaan

1. Polis Sudah Tidak Aktif
Kebanyakan klaim asuransi ditolak karena polis dari asuransi sudah mati atau lapse. Beberapa alasan yang dapat menyebabkan polis tidak aktif adalah tidak membayar premi sampai masa tenggang terlewat. Pada umumnya, semua asuransi mempunyai masa tenggang 45 hari sejak waktu pembayaran terakhir. Jadi, nasabah harus membaca dengan seksama ketentuan polis asuransi termasuk cara klaim asuransi prudential dan mempertimbangkan sebelum membelinya.

Dalam membaca spesimen atau ketentuan polis, yang harus diperhatikan adalah grace period (waktu tenggang pembayaran ), waiting period (masa tunggu), pengecualian dan cakupan perlindungan.  Jika asuransi yang kamu beli berupa unit link atau asuransi sekaligus investasi, maka polis akan lapse atau penanggungan asuransi dihentikan ketika nilai dari investasi kamu tidak cukup untuk membayar premi dan ketika mengajukan klaim pun akan ditolak.

3. Dokumen Tidak Lengkap
Pastikan bahwa kamu memahami tahapan dan cara klaim asuransi prudential dengan benar, karena jika kamu memahaminya maka kemungkinan besar kamu akan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan klaim yang kamu ajukan akan diterima. Semua perusahaan dan produk asuransi mewajibkan nasabah untuk mengisi formulir dan melengkapi dokumen seprti polis asuransi, fotokopi KTP, dan lain lain.

Jika kamu ingin klaim asuransi jiwa, kamu harus melampirkan surat keterangan dari dokter bahwa tertanggung telah meninggal. Jika ingin klaim asuransi kesehatan, kamu harus melampirkan bukti transaksi rawat inap di rumah sakit. Untuk asuransi kendaraan, kamu harus melampirkan fotokopi SIM dn STNK beserta foto kerusakan mobil. Biasanya ketika dokumen kamu tidak lengkap, perusahaan asih memberikan kesempatan untuk melengkapi dokumen dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. Adanya Pelanggaran Hukum
Asuransi tidak akan dapat di klaim jika terbukti adanya pelanggaran atau keahatan seperti mobil kecelakaan karena menyetir dengan ugal-ugalan dan dalam kondisi mabuk, pengendara yang tidak mempunyai SIM, dan lain lain. Pada kebanyakan orang, meskipun telah melalui cara klaim asuransi prudential dengan baik dan benar, klaim akan ditolak jika secara sengaja melakukan hal agar asuransi cair seperti membakar gedung, dan lain lain.

Itu tadi adalah beberapa alasan mengapa klaim asuransi yang kamu ajukan ditolak, lebih baik kamu membaca dan mempertimbangkan polis dan manfaat asuransi yang akan kamu  dapatkan. Lebih bai lagi, kalau kamu lebih memilih untuk menabung dan berinvestasi, karena kamu bisa mengh8indari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penolakan klaim asuransi.


0 komentar:

Posting Komentar