Kamis, 27 Februari 2020

Mengenal 6 Metode Fisioterapi serta Manfaatnya


Mengenal 6 Metode Fisioterapi serta Manfaatnya

Fisioterapi adalah sebuah metode pengobatan untuk mengembalikan fungsi gerak pada bagian-bagian tubuh. Saat ini ada banyak layanan fisioterapi yang bisa Anda gunakan untuk mengobati berbagai penyakit juga mengembalikan gerak motorik otot. Pengobatan fisioterapi ini juga memiliki beragam metode dan manfaat yang berbeda-beda, sesuai dengan penyakit yang diderita si pasien.
Berikut beberapa metode fisioterapi dan manfaatnya untuk kesehatan.

  1. Terapi pemanasan
Metode ini biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami trauma sendi atau trauma otot. Pada metode ini, bagian tubuh yang diterapi adalah bagian-bagian seperti punggung, kaki, pinggang, leher, atau pergelangan tangan. Terapi ini terbagi dua, yaitu diatermi mikro dan radiasi inframerah.


  1. Terapi dingin
Metode terapi dingin merupakan terapi yang dilakukan secara manual untuk kasus-kasus pasien yang mengalami keseleo atau cedera otot. Terapi ini khususnya dilakukan pada anak-anak. Memar yang terjadi pada bagian yang mengalami trauma akan didinginkan untuk mencegah pembengkakan yang semakin besar. Namun metode ini tidak dianjurkan untuk luka baru karena berpotensi merusak jaringan.

  1. Terapi tulang
Metode terapi ini berasal dari ilmu ortopedi dan digunakan untuk mengatasi gangguan pada tulang yang diakibatkan oleh trauma atau infeksi. Biasanya terapi ini digunakan pada orang dewasa, misalnya yang mengalami osteoporosis agar bisa meningkatkan kekuatan tulang. Terapi ini juga dikombinasikan dengan pemakaian obat-obatan.

  1. Terapi latihan
Terapi ini digunakan untuk pasien dengan kelemahan otot atau yang mengalami gangguan fungsi motorik di bagian-bagian tubuh tertentu. Metode terapi ini terdiri dari latihan berdiri, berjalan, mengangkat tangan, berlari, atau melompat. Metode ini bisa dilakukan pada pasien yang mengalami kelumpuhan.

  1. Terapi aquatic
Metode terapi ini menggunakan media air untuk mengatasi kekakuan otot, misalnya pada pasien yang menderita cerebral palsy. Selain itu, terapi ini juga bisa digunakan untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan berjalan. Media air akan mempermudah anak-anak melatih kakinya.

  1. Terapi listrik
Metode terapi ini menggunakan media listrik dengan daya rendah untuk menstimulasi syaraf-syaraf motorik otot. Ini juga bisa mengurangi rasa nyeri pada otot yang terjadi pascatrauma. Cara terapi ini adalah dengan menghubungkan kabel yang teraliri listrik dengan daya kecil ke kulit pasien.

Itulah beberapa metode fisioterapi dengan manfaat serta kebutuhan yang berbeda-beda,  sesuai dengan penyakit dan kebutuhannya. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar