Senin, 27 Mei 2019

Tips Memilih Oli Samping Terbaik untuk Kendaraan Anda


Tips Memilih Oli Samping Terbaik untuk Kendaraan Anda
Bagi pemilik sepeda motor 2 tak, keberadaan oli samping terbaik  sangatlah penting. Bagaimana tidak, oli samping sangat mempengaruhi performa mesin sepeda motor 2 tak. Banyak sekali pemilik motor 2 tak yang mencari produk oli dan menanyakan mana jenis oli samping yang bagus.
Produk oli motor untuk oli samping tersedia dalam berbagai macam pilihan. Bila Anda masih baru dan awam, lebih baik ikuti saran dari produsen oli tertentu karena mereka dapat menjelaskan dengan rinci keuntungan dari jenis oli tertentu. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih oli samping untuk motor 2 tak Anda.
Menyesuaikan Dengan Standar yang Dibutuhkan
Salah satu tips memilih oli samping terbaik adalah menyesuaikan dengan standar yang dibutuhkan jenis motor Anda. Yang terpenting dari memilih oli adalah pilih oli yang memiliki standar minimal API TC, JASO FC atau ISO L-EGC. Jenis-jenis oli tersebut sudah memadai untuk menjaga piston serta ringnya, kruk as, dinding silinder dan semua komponen lain yang ikut bergesekan.
Ada beberapa standar lain selain di atas yang juga termasuk dalam jenis oli yang standar. Misalnya seperti API TD, JASO FD atau ISO L-EGD. Oli-oli ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis yang disebutkan sebelumnya yaitu berkisar kira-kira mencapai Rp80.000-an.
Banyak jenis oli samping yang bisa Anda pilih untuk motor 2 tak Anda. Yang jelas, Anda harus memilih oli yang sesuai dengan standar motor 2 tak Anda agar kualitas motor tetap terjaga. Selain itu, dengan pembelian oli yang tepat maka kinerja kendaraan Anda akan lebih maksimal.
Memberikan Campuran Bahan Lain
Tips memilih oli samping terbaik lainnya adalah memberikan campuran bahan lain di oli. Untuk oli samping sendiri sebaiknya tidak dicampur dengan merek lain atau hanya satu merek saja, karena masing-masing produk oli samping memiliki lapisan film yang berbeda-beda dan belum tentu dapat menyatu bila dicampur.
Lebih baik menggunakan oli semi sintetik untuk oli samping jika motor Anda masih standar dan belum dimodifikasi. Berbeda bila sepeda motor yang Anda miliki sudah dimodifikasi atau dengan spesifikasi full kompetisi untuk pertandingan, maka akan membutuhkan oli samping full sintetik untuk mendukung performa dalam perlombaan.
Jika Anda ingin mengganti oli, kuras terlebih dahulu oli samping Anda baru ganti dengan oli baru agar motor Anda tidak cepat rusak. Anda juga dapat menggunakan zat aditif atau tambahan yang dapat memudahkan pencampuran zat kimia.
Cukup mudah bukan memilih oli samping? Pastikan kedua hal di atas terpenuhi dengan baik agar performa motor Anda tetap terjaga. Itulah cara memilih oli samping terbaik untuk motor 2 tak Anda, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar