Rabu, 24 Oktober 2018

Merawat Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Merawat Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Kulit berminyak memang kadang membuat kesal. Nggak hanya membuat wajah terlihat kusam, kulit wajah yang berminyak juga membuat makeup susah menempel dan mudah luntur. Memiliki kulit berminyak dapat mengganggu penampilan. 

Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit. Namun, ketika terlalu banyak, kulit jadi tersumbat sehingga memicu jerawat. Nggak heran, jenis kulit ini membutuhkan perhatian lebih, karena perlu lebih menjaga kebersihan dibanding jenis kulit lain.

Oleh sebab itu, kamu juga perlu mengetahui cara merawat wajah yang tepat. Pasalnya, jenis perawatan kulit berminyak berbeda dengan jenis kulit wajah lainnya. Perawatannya nggak melulu harus ke salon dan membayar mahal kok. Ada cara merawat wajah berminyak yang mudah dan murah, yakni dengan menggunakan bahan alami yang gampang kamu temukan di sekitar rumah.

Nah, berikut ini liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (24/10/2018) cara merawat wajah berminyak dengan bahan alami. Perawatan wajah dengan bahan alami memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Mentimun

Mentimun sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu bahan perawatan wajah. Jika biasanya digunakan untuk menyegarkan wajah, ternyata mentimun juga berfungsi untuk mengatasi wajah berminyak, lho. Cara merawat wajah berminyak menggunakan bahan satu ini mudah sekali. Kamu hanya perlu menggosokkan irisan mentimun dingin yang sudah dimasukkan ke kulkas terlebih dahulu ke seluruh permukaan wajah, terutama pada zona T. Lakukan perawatan ini setiap malam dan kamu akan merasakan perubahannya.

2. Putih telur dan bubuk cokelat

Cara merawat wajah berminyak selanjutnya menggunakan putih telur dan bubuk cokelat. Kandungan protein pada putih telur bermanfaat bagi kulit dalam membantu meregenerasi sel-sel baru. Sementara itu, kombinasi kedua bahan ini bisa mengendalikan produksi minyak di wajah. Pasalnya, coklat mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi. 

Cara menggunakannya, kocok putih telur hingga rata, kemudian tambahkan 2 sdm bubuk coklat. Aduklah hingga mengental seperti pasta. Lalu oleskan ke permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Baking soda, jeruk nipis dan madu

Campuran baking soda, jeruk nipis dan madu dapat menjadi pengganti sunscreen yang baik. Cara merawat wajah berminyak menggunakan ketiga bahan tersbeut adaalah sebagai berikut. Teteskan jeruk nipis pada 2 sdm madu dan setengah sdt baking soda. Aduk hingga keluar gumpalan busa putih. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara berkala agar efektif sebagai cara merawat wajah berminyak.

4. Strawberry dan madu

Strawberry dan madu cocok untuk menagtasi berbagai masalah pada kulit wajah. Diantaranya adalah minyak berlebih dan jerawat. Cara merawat wajah berminyak dengan strawberry dan madu, pertama siapkan 2 buah strawberry yang masih segar dicuci terlebih dahulu, kemudian dihancurkan dan dicampur dengan 1 sdm madu. Aduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat. Metode ini bisa digunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Tips yang perlu diperhatikan dalam merawat wajah berminyak
Kenali penyebabnya

Ada beberapa penyebab wajah berminyak, mulai dari faktor hormon hingga pengaruh lingkungaan. Penyebab yang pertama karena fluktuasi hormon. Kelebihan hormon dihydrotestosterone (DHT) bisa memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum. Kulit yang gampang berminyak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada wanita, saat premenopause dan selama hamil, kulit wajahnya bisa lebih gampang berminyak dari biasanya.

Selain itu, perubahan di lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Saat cuaca sedang lembap, bisa membuat kulit gampang berkeringat dan berminyak sehingga kita harus lebih rutin lagi membersihkan wajah dan menggunakan produk untuk mengatasi minyak berlebih. 

Faktor penyebab lainnya adalah karena stress. Tanpa kamu sadari, saat stres bukan cuma kondisi tubuh saja yang akan terganggu tapi kulit pun ikut bermasalah. Ketika sedang stres, kulit akan memproduksi kelebihan hormon androgen yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Oleh karena itu menjaga kesehatan mental dan pikiran juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. 

Hal lainnya yang perlu perhatikan sebagai salah satu cara merawat wajah berminyak adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak dan pedas, makanan cepat saji, produk olahan, dan produk yang berpemanis agar kulit tidak gampang berminyak.

Pilih produk pembersih yang tepat 

Anggapan pemilik kulit berminyak harus sering-sering membersihkan wajah merupakan pemikiran yang salah besar lho. Hal ini justru akan membuat kelenjar minyak meningkatkan produksi minyaknya pada kulit. Solusinya adalah, membersihkan wajah secara teratur setiap pagi dan malam hari. Produksi minyak berlebih pada wajah, membuat debu dan kotoran rentan menempel pada wajah, serta berisiko menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu, kamu nggak boleh malas untuk membersihkan wajah setiap pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan memilih produk yang tepat. Jika kamu khawatir pelembap yang kamu gunakan justru membuat wajah semakin berminyak, pilihlah produk yang berlabel oil-free atau mattifying sehingga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Tak lupa, kamu juga bisa memilih produk yang bertanda non-comedogenic untuk mencegah tersumbatnya pori-pori sehingga menimbulkan komedo.

Pakai toner

Cara merawat wajah berminyak selanjutnya adalah jangan lupa untuk memakai toner, setiap selesai membersihkan wajah. Sama seperti produk pembersih, gunakanlah toner dengan kandungan asam salisilat di dalamnya karena bahan ini sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati, menetralkan kadar pH, menghilangkan penyumbatan pada pori-pori, serta mencegah terjadinya peradangan pada kulit.

Cara merawat wajah berminyak dengan menghindari sunscreen mengandung minyak
Seperti yang diketahui, paparan sinar matahari bisa merusak kulit. Itu sebabnya, sebelum beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk memakai sunscreen. Namun, perhatikan benar-benar bahan penyusun sunscreen yang kamu gunakan. Jika mengandung minyak, jangan gunakan lagi karena biasanya wajahmu akan semakin berminyak jika tetap menggunakannya. Pilihlah produk yang bebas minyak agar wajah tetap segar.

0 komentar:

Posting Komentar